KesehatanNasionalPemerintahan

Satgas Covid-19 Terjunkan 52.614 Duta Perubahan Perilaku, Edukasi ke Rumah Warga

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Pemerintah, tengah fokus mendorong perubahan perilaku hidup di masyarakat. Hal ini, guna memutus rantai penularan virus corona.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan, kampanye itu dilakukan melalui media elektronik, cetak dan online. Selain itu, pihaknya memiliki Duta Perubahan Perilaku.

“Ada yang namanya Duta Perubahan Perilaku yang jadi pasukan infanterinya. Jumlahnya itu ada 52.614 orang,” ujarnya dalam webinar Milenials Againts Covid-19 Tahun Baru Ubah Laku, Sabtu (26/12).

Baca Juga :  Tegas, PKS Menolak Kenaikan Harga BBM Karena Masih Proses Pemulihan Dampak Covid-19

Disebutkan Sonny, tugas daripada Duta Perubahan Perilaku itu, mengedukasi masyarakat dari rumah ke rumah. Selain itu, para duta juga mengedukasi di jalanan. Dan dalam kurun waktu dua bulan, para duta ini sudah mengedukasi hampir 38 juta orang.

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Dengan Postif Covid-19, Masyarakat Diminta Jaga Prokes

“Mereka melapor melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku,” sebutnya.

Disebutkan juga, Satgas Covid-19 menyusun buku pedoman perubahan perilaku dengan bahasa yang sangat sederhana. Buku pedoman itu telah dikonsultasikan kepada lebih dari 50 pakar. Mulai dari dokter, ahli kesehatan masyarakat, ahli komunikasi, sosiolog, antropolog dan bahkan psikolog.

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Dengan Postif Covid-19, Masyarakat Diminta Jaga Prokes

“Jadi kami ini ingin mendorong kepatuhan terhadap protokol kesehatan mulai dari pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun, serta cuci tangan pakai sabun. Itu diulang-ulang sehingga masyarakat dari terpaksa menjadi terbiasa, dari terbiasa akhirnya nanti menjadi luar biasa,” tuturnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button