DaerahEkonomi

Rumah Zakat Bantu Permodalan UMKM Kertamukti

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Lima pelakau Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, Jumat (18/9) lalu, mendapat bantuan permodalan dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat. Bantuan tersebut, diberikan untuk membantu meringankan beban para pengusaha yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dari kelima penerima manfaat tersebut, mempunyai usaha yang berbeda-beda. Ada penjual bakso, penjual siomay, kelontongan dan lain-lain,” kata Dudun Durohim, salah seorang Relawan Inspirasi.

Baca Juga :  Terpuruk karena Covid-19, Puluhan UMKM di Jatinangor mengikuti FGD

Salah seorang penerima bantuan, Reni Rihaeni mengungkapkan bahwa dari sekian banyak permasalahan yang mereka hadapi, akibat sepinya pembeli karena menurunnya daya beli masyarakat.

“Permasalahan yang kami hadapi saat ini adalah penurunan penjualan. Otomatis omzet pun turun. Biasanya sehari habis 70-80 porsi, sekarang 50 porsi juga seuset. Sekarang mah bisa bertahan juga alhamdulillah,” ujarnya .

Baca Juga :  PT. Koryza Fasilitasi Bazar UMKM Desa Cibeusi, Wabup Sumedang Apresiasi

Apa yang diungkapkan Reni, diamini Wahyudin serta penerima manfaat lainnya. Adanya pandemi covid-19 ini, membuat usaha mereka mengalami kendala

“Saya sebagai orang yang berusaha di bidang pertanian, mengalami kesulitan yang sama mulai dari kelangkaan pupuk, juga mahalnya biaya produksi. Tapi disaat kami panen, harga anjlok seanjlok- anjloknya,” keluhnya.

Baca Juga :  Sebanyak 87 UMKM Jawa Barat Ikuti KKJ dan PKJB Tahun 2022

“Namun kami bersyukur, alhamdulillah disaat seperti ini masih ada yang peduli terhadap kami. Kami merasa sangat terbantu, namun kami hanya bisa berdoa, semoga Allah membalas kebaikan para donatur dari Rumah Zakat dengan balasan yang berlipat ganda,” pungkasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button