Daerah

RinSo Siap Kawal Usulan Desa Melalui SIPD Yang Menjadi Prioritas

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG –
Pemerintah Desa (Pemdes) merupakan ujung tombak dan cerminan kemajuan sebuah wilayah, jika ingin Jabar Juara Lahir Bathin, harus membuat desa-desa menjadi juara.

Hal tersebut diutarakan Anggota DPRD Provinsi Jabar Ridwan Solichin yang juga Sekretaris DPW PKS Jabar.

RinSo sapaan akrab Ridwan Solichin mengaku, pemerintah provinsi telah meluncurkan berbagai program untuk menjadikan desa-desa di jabar menjadi juara, salah satunya Jabar terang benderang, bukan hanya kota Bandung yang di kasih obor, tapi desa-desa yang lain juga harus dikasih obor, jika dikasih lilin dari 5213 desa, maka Jabar akan terang sehingga program desa harus jadi prioritas.

“Kebetulan saya berada di Komisi I yang membidangi Desa, dimana program dari Pemprov untuk desa ada 9 menu, diantaranya jalan mulus desa, meskipun jalan kewenangan desa tapi sekarang provinsi bisa memberikn bantuan dulu kan tidak bisa. Makanya desa-desa yang jadi binaan kita supaya bisa masuk dalam menu tersebut,” ucapnya. Sabtu (11/06/2022).

Selai itu, program Jantung Desa yakni akses jalan sulit untuk sekolah atau kepasar bisa dibuatkan jembatan gantung, selanjutnya ada jalan caang, home stay, perairan desa, serta untuk olehraga yakni 1 Kecamatan satu lapang bola yang skala besar.

“Semua ini harus ada yang mengawal, karena pengerusan atau pengajuannya harus melalui aplikasi yang di sebut SIPD, seperti tempat wisata patambon yang direncakan dalam Musrenbang, Karena biasanya banyak yang berguguran dengan dalih tidak ada anggaran atau tidak dijadikan prioritas, padahal hal itu sangat penting menurut desa tersebut,” ucapnya

Apabila usulan melalui SIPD tidak masuk, kata ia, bisa didorong melalui reses yang dilakukan DPRD Provinsi. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button