Nasional

Peringatan Potensi Banjir dari BMKG, Provinsi dan Kabupaten/Kota Ini Harus Waspada

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Peringatan potensi banjir di sejumlah provinsi dan kabupaten di Indonesia dikelaurkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Diprediski, akan terjadi hujan lebat mulai Jumat (19/2/2021) besok pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (20/2/2021) nanti.

“Siaga dampak banjir sebagai dampak hujan lebat. Untuk Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan juga Sulawesi Utara,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (18/2), seperti dikutip dari JPNN.com.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Deras, Jatinangor Kembali Direndam Banjir

Potensi banjir yang dikeluarkan dari BMKG itu itu dibagi menjadi siaga banjir dan waspada. Untuk kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor dan juga Kabupaten Sumedang.

Kemudian untuk Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Provinsi Jawa Tengah diantaranya Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan.

Baca Juga :  Pastikan Warga Selamat, Kades Cipacing Sisir Pemukiman Warga Menggunakan Perahu Karet

Selanjutnya untuk kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, dan Kota Pasuruan.

Untuk kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Bali, diantaranya untuk Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. Sedangkan Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Sulawesi Utara seperti Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca Juga :  Pastikan Warga Selamat, Kades Cipacing Sisir Pemukiman Warga Menggunakan Perahu Karet

Selain mengeluarkan peringatan status siaga banjir dampak akan adanya hujan lebat, BMKG mengeluarkan juga peringatan status waspada untuk beberapa daerah. Provinsi dengan peringatan status waspada diantaranya untuk Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku. (**)

Selengkapnya
Back to top button