DaerahKomunitasTNI/POLRI

Penghijauan di Gunung Manglayang, TNI, Polri, dan Mahasiswa Bersatu

FAJARNUSANTARA.COM- Koramil 1004 Tanjungsari bersama mahasiswa Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD) menggelar kegiatan penghijauan bertema “Jumat Menanam” di kaki Gunung Manglayang, tepatnya di blok Baru Beureum Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, pada Jumat, 14 Juni 2024. Acara ini berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dengan melibatkan TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari, Polsek Sukasari, dan ratusan mahasiswa dari kedua universitas tersebut.

Dengan luas daerah penanaman sekitar 3 hektar, lokasi ini merupakan hutan lindung yang sebelumnya dirambah oleh oknum tidak bertanggung jawab dan ditanami sayuran. Kini, daerah tersebut berada di bawah pengawasan SPTH Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Sebanyak 5000 pohon berbagai jenis berhasil ditanam di area ini. Inisiatif yang dipimpin oleh UPTD SPTH Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk menjaga kelestarian Gunung Manglayang sebagai kantong air, khususnya bagian timur yang berperan sebagai daerah resapan air penting untuk wilayah Sumedang Barat dan Bandung Timur.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, Dekan Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati, Prof Dr H Enjang AS MSi MAg, serta pejabat Forkompimcam setempat. Mereka memberikan apresiasi atas kolaborasi antara TNI, mahasiswa, dan masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Kapten Inf Agus Hermawan, Danramil 1004 Tanjungsari, berpesan kepada para mahasiswa, Mahasiswa sebagai generasi emas mampu memberikan teladan untuk tetap menjaga alam dan lingkungan supaya lestari. Dengan menanam pohon di kaki Gunung Manglayang, diharapkan akan tumbuh mata air untuk kehidupan masa depan.

Kegiatan “Jumat Menanam” ini mendapat respon positif dari para mahasiswa yang merasa senang dapat berkolaborasi dengan TNI dan Polri dalam menjaga lingkungan. Acara ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik untuk pelestarian alam di sekitar Gunung Manglayang.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button