DaerahPolitik

Pendistribusian Logistik Pemilu Dimulai Januari: Panwaslu Bersama PKD Optimalkan Pengawasan

FAJARNUSANTARA.COM- Dalam rangka memastikan kelancaran pendistribusian logistik pemilu di tingkat kecamatan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Ujungjaya gelar Press Release di aula Panwaslu setempat.

Acara ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan media pada hari ini. Selasa 5 November 2023.

Ketua Panwaslu Kecamatan Ujungjaya, Hari Maulana, bersama Sujana dan Cucup Supriyatna, menyampaikan bahwa telah dilakukan koordinasi dengan PPK kecamatan Ujungjaya serta unsur “forkopincam” yang melibatkan kapolsek dan Danramil.

Kesepakatan dicapai untuk menggunakan Gedung PGRI Kecamatan Ujungjaya sebagai lokasi gudang logistik kecamatan.

Baca Juga :  Bawaslu Sumedang Gelar Rakor, Bahas Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024

Hari Maulana menjelaskan pemilihan Gedung GOR PGRI di samping kecamatan Ujungjaya sebagai lokasi gudang logistik diputuskan berdasarkan survei pada 17 November.

“Gedung tersebut dipilih mengingat kontrak sewa gudang logistik berlangsung selama 2 bulan, dari Januari hingga Februari,” tambahnya.

Panwaslu Ujungjaya memberikan rekomendasi perbaikan kepada pengelola gedung, termasuk memperbaiki titik atap yang bocor untuk mencegah kerusakan logistik.

Baca Juga :  Masa Kampanye Tinggal 9 Hari Lagi, Panwaslu Jatinangor Perketat Pengawasan

Hari Maulana menambahkan rekomendasi peningkatan penerangan di dalam dan area parkir samping, yang akan digunakan selama kegiatan piket dan penghitungan suara pasca pencoblosan.

Selain berkoordinasi dengan PPK kecamatan, Panwaslu juga berkomunikasi dengan jajaran PPS di kecamatan, didampingi oleh pengawas kelurahan desa, untuk memastikan kesiapan gudang logistik di tingkat desa.

“Pendistribusian logistik dari KPU kabupaten menuju kecamatan diperkirakan dimulai pada bulan Januari, sejalan dengan padatnya kegiatan pengawasan kampanye. Panwaslu berusaha bersama PKD untuk mengoptimalkan pengawasan krusial ini,” ujarnya

Baca Juga :  Ade Sunarya: Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Tidak Boleh Abaikan Standar

Meskipun demikian, pengawasan juga melibatkan pengecekan ketepatan jumlah, jenis, bentuk, dan kualitas perlengkapan pemungutan suara. Panwaslu memastikan keakuratan waktu dan tujuan pendistribusian logistik pemilu.

Selain berkoordinasi dengan pihak eksternal, Panwaslu Cimalaka telah menggelar Rapat Koordinasi internal untuk memastikan kesiapan pengawasan logistik bersama seluruh PKD.

“Kami, Panwaslu Ujungjaya siap melaksanakan pengawasan logistik. Mudah-mudahan pendistribusian logistik ini berjalan lancar tanpa hambatan,” pungkasnya.***

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button