DaerahPemerintahan

Pemda Sumedang Luncurkan Program Senyum Dhuafa dan Z-Baraya

FAJARNUSANTARA.COM- Pemerintah Kabupaten Sumedang berkolaborasi dengan BAZNas Sumedang meluncurkan program Sembako Sampai ke Rumah Dhuafa (Senyum Dhuafa) untuk menangani kemiskinan ekstrem.

Selain itu, program Bantuan Kesejahteraan Anak Yatim (Z-Baraya) juga diluncurkan, berupa pemberian uang tunai rutin setiap bulan kepada anak yatim.

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menyerahkan bantuan kepada enam perwakilan dhuafa dan tiga anak yatim saat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang, Senin (20/5/2024).

Baca Juga :  Direktorat Perlindungan Holtikultura Ungkap Rencana Pengembangan Holtikultura di Sumedang

Yudia menjelaskan bahwa Program Senyum Dhuafa melibatkan penggunaan Kartu Tangkis untuk setiap penerima manfaat. Kartu ini berfungsi sebagai media penyaluran jenis dan jumlah bantuan secara spesifik dalam transaksi penerimaan bantuan.

“Transaksi penyaluran bantuan dapat dilakukan melalui BAZNas Sumedang, ZISMART BAZNas Sumedang, dan aplikasi BAZNas Simpati berbasis WhatsApp untuk pengiriman bantuan langsung ke rumah penerima manfaat,” ujarnya.

Baca Juga :  MPLS di Sumedang, Siswa Baru Sambut Seru Hari Pertama

Lebih lanjut, Yudia menjelaskan bahwa bantuan diberikan kepada 1.000 orang masyarakat miskin ekstrem setiap tahun, dengan nominal Rp 500 ribu per orang. Selain itu, anak yatim akan menerima santunan sebesar Rp 250 ribu tiap bulannya selama setahun.

Baca Juga :  Kloter 8 Sumedang Resmi Berangkat, 432 Jemaah Menuju Tanah Suci

“Bantuan ini diharapkan mampu membantu kehidupan anak yatim sehingga mereka dapat mencapai masa depan yang lebih baik, terutama dalam meringankan kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Dengan adanya program Senyum Dhuafa dan Z-Baraya, Pemda Sumedang berharap dapat mengurangi angka kemiskinan ekstrem dan memberikan dukungan yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button