DaerahPemerintahan

Parkir Berlangganan Diyakini Dongkrak PAD dan Hemat Pengeluaran Masyarakat Sumedang

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG –  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, menggelar kegiatan Sosialisasi Parkir Berlangganan bersama Pemda Kabupaten Sumedang, TNI/Polri serta sejumlah forkopimcam, di Gedung Graha Insun Medal (GIM) Sumedang, Kamis (10/12).

Sekretaris Dishub Sumedang, Atang Sutarno menyebutkan, sosialisasi itu dilakukan guna sejumlah persiapan dalam merealisasikan program Parkir Berlangganan pada Januari 2021 nanti.

“Maka dari itu, kita (Dishub) juga akan melakukan sosialisasi di berbagai wilayah di Kabupaten Sumedang untuk mematangkan Parkir Berlangganan itu,” katanya.

Baca Juga :  Kang Maman Hadir pada Groundbreaking Gedung Perpustakaan Daerah Sumedang

Dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra mengaku sangat mendukung rencana yang akan segera direalisasukan Dishub Kabupaten Sumedang.

“Program Parkir Berlangganan yang sudah diatur dalam Perda 1/2017, dirasa dapat memberikan manfaat yang luas, baik bagi Pemda Kabupaten Sumedang maupun masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  DPRD Sumedang Serahkan Catatan dan Rekomendasi atas LKPJ Bupati 2021

Irwansyah menyebutkan, selama 20 tahun terakhir, sistem sektor parkir di Kabupaten Sumedang masih kurang bermanfaat untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PDA) dari sektor parkir.

“Selama berjalan hampir 15 tahun lebih, PAD yang didapat dari sektor parkhir hanya Rp 200 jutaan, masih kurang signifikan jumlahnya. Maka dari itu, program yang telah dirancang Dishub Kabupaten Sumedang, harus segera terlealisasi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Peringati HJS ke-444 di Bulan Ramadan, Ketua DPRD Sumedang Seru Jajaran Tingkatkan Kinerja

Disebutkan juga Irwansyah, dengan dilakukannya sistem Parkir Berlanganan, dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, dapat juga menghemat pengeluaran warga untuk biaya parkir.

“Masyarakat cukup membayar satu kali pertahun untuk biaya parkir. Jadi jika inggn berbelaja tidak usah lagi membayar uang parkir ketika pindah ke toko lainnya,” tutupnya. (arf)

Selengkapnya
Back to top button