DaerahPeristiwa

Muncul Lubang Besar di Sebuah Situ di Sukabumi, 200 Kg Ikan Tersedot

FAJARNUSANTARA.COM, SUKABUMI – Sebuah lubang besar, muncul di sebuah situ atau danau kecil yang ada di Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Kejadian ini, sempat membuat heboh warga Kampung Kubang Desa Cimahpar Kecamatan Kalibunder, karena situ yang ada di daerahnya tiba-tiba mengering pada Minggu (27/12) sore kemarin. Akibatnya, ikan-ikan peliharaan warga ikut menghilang.

Menurut keterangan warga sekitar, Rudi Ruskendar (43), penomena alam itu memang membuat heboh warga. Bahkan warga yang sedang melintas sempat menyaksikan kemunculan lubang yang menyedot air dan ikan di situ itu.

“Di sebuah situ, ada lubang di tengahnya jadi airnya hilang seketika. Ikan yang ada juga ikut hilang tersedot. Lubangnya itu besar,” ujarnya, Senin (28/12) seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Rudi menyebutkan, pengakuan dari pemilik situ, ada sekitar 200 kilogram ikan yang hilang karena tersedok kedalam lubang besar itu.

“Ada ikan mas sampai lele dumbo juga ada, itu ada sekitar 200 kilogram ikan yang hilang,” sebutnya.

Rudi juga menjelaskan, dirinya menyaksikan air Sungai Ciseureuh yang mendadak keruh. Ternyata, kata dia, air tersebut berasal dari air Situ yang tersedot lubang besar itu.

“Saya sempat lihat kondisi air Sungai Ciseureuh yang keruh, tadinya dikira ada hujan di hulu sungai, tapi ternyata setelah di cek, air dari lubang besar itu,” terangnya.

Rudi pun bercerita singkat, bahwa kata nenek moyang, puluhan tahun kebelakang memang ada lubang namun warga tidak melihatnya.

“Beberapa tahun lalu sempat tanah di lubang itu ambrol, sama pemilik situ itu ditutup. Sekarang jadi lubang besar hingga habiskan air sama ikannya,” tuturnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button