DaerahEkonomiKomunitas

Komunitas Al Hilal Sumedang Buka Pasar Gratis Bagi Yatim dan Dhuafa di Desa Cacaban

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Komunitas Al Hilal Sumedang, kembali membuka Pasar Gratis Bagi Yatim dan Dhuafa. Kali ini, pasar gratis itu, dibuka di Desa Cacaban Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Minggu (29/11).

Kegiatan ini, mengusung tema ‘Pasar Gratis Untuk Yatim & Dhuafa Bersama Komunitas Al Hilal Sumedang Mari Peduli Mari Berbagi’. Dengan begitu, keberadaan pasar gratis ini, dapat membantu para dhuafa dan yatim dalam masa pandemi covid-19 yang kekurangan akan pangan.

Ketua Komunitas Al Hilal Sumedang, Dian Abdul Hakim menuturkan, kegiatan dan program komunitas Al Hilal Sumedang ini, sudah berjalan dan akan terus dilaksanakan. Pelaksanaan pasar gratis ini juga, dapat berjalan karena mendapat dukungan dari para donatur yang menitipkan sebagian hartanya.

Baca Juga :  Komunitas Al Hilal Sumedang Berikan Santunan Anak Yatim

Alhamdulillah, Al Hilal menjadi salahsatu komunitas di Sumedang sebagai pengelola zakat, infak sodaqoh, dan kita realisasikan dalam bentuk pasar gratis seperti ini. Dan dengan adanya pasar gratis ini, mereka (penerima manfaat) akan merasakan sensasi berbelanja di pasar yang mungkin sudah lama tidak pernah kepasar. Dengan adanya pasar gratis ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan kaum dhuafa untuk beberapa hari kedepan,” katanya kepada Fajarnusantara.com.

Disebutkan Dian, dalam pelaksanaan pembukaan pasar gratis di Desa Cacaban ini, pihaknya terlebih dahulu membuat list barang-barang yang akan disediakan. Kemudian mendatangai para para donatur untuk ikut partisipasi dalam kegiatan pasar gratis ini.

Baca Juga :  Komunitas Al Hilal Sumedang Sulap Warung Gas Jadi Sekretariat

“Kita survei lokasinya dan setelah kita menentukan lokasi, dua hari sebelumnya menyebar kupon dibantu oleh aparat setempat. Pelaksanaan pada hari yang sudah ditentukan dengan menggunakan protokol kesehatan karena dalam masa pandemi covid-19. Kebetulan dalam acara pasar gratis kali ini, ada acara penyerahan Healty Kit, sembako dan wakaf Alquran untuk santri,” tuturnya. 

Adanya pasar gratis dari Komunitas Al Hilal Sumedang ini, disambut baik Pimpinan Ponpes Alhikamusalafiyah cabang Cacaban K. Jajang Ajudin. Dia mengaku senang dan bahagia dengan kedatangan Komunitas Al Hilal Sumedang, karena sudah mengadakan pasar gratis. Apalagi kegiatan sosial seperti ini, baru pertama kali digelar di wilayahnya itu.

Baca Juga :  Antisipasi Bencana, Bupati Sumedang Kukuhkan Destana di Desa Jatiroke

“Kami berharap ini bisa rutin dilakukan karena masyarakat sangat membutuhkan bantuan dimasa pandemi ini. Diharapkan juga untuk jumlah penerimanya ditambah, lebih dari 100 orang, karena masih bnyak bantuan yang diperlukan oleh masyarakat,” harapnya.

Di tempat sama, salah seorang penerima manfaat, Epon (71) mengucapkan rasa terima kasih kepada Komunitas Al Hilal Sumedang karena sudah berbagi di wilayahnya.

“Tidak disangka-sangka, senang dan terharu. Begitu banyak barang yang disediakan yang bisa kami ambil. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, saking senangnya. Pokoknya Al Hilal terbaik pokonya,” ungkapnya. (lng)

Selengkapnya
Back to top button