Mancanegara

Kolaborasi Wisercat Group dan PT. INTI, Transformasi Smart City Sumedang

FAJARNUSANTARA.COM- Arena Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 hari kedua menghadirkan berbagai aktivitas yang memikat perhatian. Kamis 9 November 2023.

Selain memamerkan berbagai produk terkini serta teknologi canggih dalam ranah smart city dari berbagai negara dan perusahaan global, acara ini juga diramaikan dengan kongres terkait mobilitas, bangunan, dan ekonomi biru.

Tetapi yang menarik perhatian di paviliun Indonesia adalah penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan Wisercat Group dari Estonia dan BUMN PT. INTI.

Penandatanganan ini melibatkan Penjabat Bupati Sumedang, CEO Wisercat, CEO PT. INTI, dan disaksikan oleh Dirjen Adwil Kementerian Dalam Negeri RI.

Baca Juga :  Korban Tewas dan Luka-luka dalam Kecelakaan Lalu Lintas di Paseh Sumedang

Hernan Suryatman menyampaikan di Grand Via Venue Barcelona menyampaikan bahwa, Ini adalah terobosan yang langsung memengaruhi keseharian masyarakat, yaitu penerapan teknologi smart city untuk mempermudah urusan masyarakat.

“Hari ini, kami menjalin kerjasama dengan Wisercat Group dan BUMN PT. INTI. Kedua perusahaan dunia ini telah membuktikan diri dalam solusi sosial digital. Rencananya, kami akan menerapkan ini di Sumedang pada Desember 2023,”  ungkapnya.

Herman menjelaskan bahwa dalam tahap awal, implementasi kerjasama tiga pihak ini akan difokuskan di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung sebagai bagian dari Kawasan Perkotaan Jatinangor.

Baca Juga :  Guru Pemberani, Rizal Firdaus Selamatkan Keluarga Dari Terjangan Angin Tornado

“Di kawasan ini, banyak permasalahan sosial dasar yang perlu segera diatasi, seperti pengelolaan sampah dan limbah, transportasi, kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, serta risiko longsor dan banjir,” katanya.

Edi Witjara, Direktur Utama PT. INTI, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

“PT. INTI dan Wisercat Group, yang berbasis di Estonia, akan mengunjungi Sumedang pada bulan Desember,” kata Edi.

Dikatakannya, pihaknya akan melakukan pemetaan sosial dan merumuskan solusi terbaik berbasis teknologi smart city. Kami berkomitmen untuk berbagi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Ilja Lavrov, CEO Wisercat, menyampaikan antusiasmenya dalam menjalin kerjasama dengan Sumedang.

Baca Juga :  KKN Tematik Sumedang, 2.510 Mahasiswa Beraksi untuk Desa Sejahtera

“Saya senang bisa bertemu, berkolaborasi, dan menandatangani Letter of Intent dengan Sumedang. Tim dari Wisercat akan segera datang ke Sumedang,” ungkap Ilja.

Dirjen Adwil Kementerian Dalam Negeri RI, Safrizal ZA, memberikan apresiasi dan dukungan atas langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

“Ini adalah terobosan yang luar biasa. Partisipasi Sumedang di SCEWC 2023 sangat konkrit. Mereka tidak hanya mengeksplorasi inovasi smart city, tetapi juga membangun jaringan global. Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Adwil memberikan dukungan penuh dan akan mengawalnya,” kata Safrizal.***

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button