Daerah

Kertamukti Edukasi Prokes ke Warga, Melalui Lomba Rias Antar RT

TANJUNGMEDAR – Kreativitas tetap dilakukan Pemerintah Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, di tengah pandemi Covid-19 ini.

Selama bulan Agustus dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, sebuah perlombaan tetap digelar untuk memeriahkan kemerdekaan RI yang digelar setahun sekali itu.

Yakni, dengan menggelar lomba Rias Kampung Antar RT. Bahkan penilaiannya pun, dilihat dari sisi penerapan protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan dalam pencegahan penyebaran virus asal Wuhan, China.

Eli Hidayat, selaku Pjs Kepala Desa Kertamukti menyebutkan, bahwa kreativitas dan produktivitas harus tetap dilakukan meski tengah pandemi. Seperti dalam perayaan 17 Agustus, yang tiap tahunnya kerap dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI. Akan tetapi karena Agustus tahun ini bertepatan dengan masa pandemi Covid-19, jadi lombanya tidak melibatkan kerumunan warga,” katanya.

Dari lomba Rias Kampung Antar RT itu, kata kades, tidak hanya sebatas hiburan semata saja. Namun, tertanam edukasi agar warga paham akan cara dan langkah dalam penanganan covid-19 hingga tidak menyebar di lingkungan.

“Lomba rias kampung ini, hanya sebatas warga yang memperindah kampungnya dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ada tempat cuci tangan di depan rumah, dan lain-lainnya,” sebut kades.

Dijelaskan, untuk penilaian dalam lomba itu, dilakukan sederhana. “Tim penilaian ketika kelapangan tidak disambut oleh kerumunan warga rame-rame, tapi hanya sebatas meninjau untuk melihat lokasi untuk menilai,” tuturnya.

Eli pun berharap, dengan lomba Rias Kampung Antar RT itu, bermanfaat besar bagi warga desanya. Warga diharap sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri beserta lingkungan.

“Point bukan hanya dapat hadiah, akan tetapi lomba ini adalah bentuk edukasi kepada warga, untuk menerapkan protokol kesehatan di rumahnya masing-masing,” katanya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button