BudayaDaerahPemerintahanPendidikanSeni dan Budaya

Kegiatan O2SN dan FLS2N Resmi Dibuka, Dr.Eka Ganjar: Wadah Mencari Bakat dan Prestasi Siswa Sumedang

FAJARNUSANTARA.COM- Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dr Eka Ganjar. Senin 6 Mei 2024.

Pembukaan Acara berlangsung di Alun Alun Sumedang sangat spektakuler, seluruh peserta bersama para guru dan kepala sekolah se-kabupaten Sumedang menampilkan berbagai macam kreasi seninya.

Suasana di Alun alun Sumedang sangat meriah, parade yang ditampilkan peserta, ada yang menampilkan Seni Kuda Renggong, Real, Bajidor, tarian, Calung dan banyak lagi yang mereka tampilkan, walaupun tanpa kehadiran Pejabat Tinggi Utama Pemda Sumedang.

Perlu diketahui bahwa peserta O2SN dan FLS2N sebanyak 1.765 peserta Sekolah Dasar se- Kabupaten Sumedang, Semarak acara sangat terasa sekali.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dr. Eka Ganjar Kurniawan mengatakan, O2SN dan FLS2N digelar guna memajukan bakat dan prestasi Siswa, serta memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menampilkan kreativitas dan prestasi mereka di bidang seni dan olahraga.

Baca Juga :  MPLS di Sumedang, Siswa Baru Sambut Seru Hari Pertama

“Kegiatan ini bukan hanya mencari juara, tapi sebagai ajang pengembangan diri sejak dini bagi para Siswa Sekolah Dasar (SD), serta menumbuhkan kepercayaan dirinya,” ujarnya.

Lebih lanjut Dr Eka Ganjar mengucapkan ucapan terimakasih bagi semua pihak yang terlibat baik itu bagi para guru pembimbing, panitia, sponsor begitu semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara ini.

Dengan harapan, kegiatan ini menjadi momen untuk menginspirasi dan menghasilkan bakat- bakat masa depan yang gemilang. Mari kita sambut dengan antusiasme dan semangat yang tinggi.

Kabid SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dani Setiawan,

Sementara itu, Laporan penyelenggra juga selaku Kabid SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dani Setiawan mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah ajang memperlihatkan talenta serta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik

Baca Juga :  Yudia Ramli Tinjau MPLS SMPN 1 Sumedang, Tanpa Ada Perpeloncoan

“Kegiatan ini adalah bagian dari proses pembinaan prestasi secara berkelanjutan dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Ia menuturkan, kegiatan seperti ini adalah rutinitas bagi setiap tahunnya tindak lanjut dari hasil pembinaan untuk menghasilkan bibit- bibit unggul di bidang olahraga dan seni.

“O2SN dan FLS2N diselenggarakan berjenjang mulai dari Daerah hingga Nasional, dan kegiatan ini intinya untuk penjaringan se-Kabupaten Sumedang, dengan harapan mereka bisa berpartisipasi ditingkat yang lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Dikatakan Dani bahwa, kegiatan ini bertemakan Merdeka Prestasi mewujudkan Sumedang Sehati. Ya, waluapun tidak dihadiri PJ Bupati ataupun yang mewakilinya, Alhamdulillah seluruh peserta nampak tetap.antusias.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan O2SN dari tanggal 6 sampai 8 Mei 2024 dengan cabang utama yang dilombakan terdiri dari atletik, renang, bulutangkis, senam, karate dan pencak silat serta cabang ekspedisi yang terdiri dari tenis meja, sepakbola, sepak takraw dan catur.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Tantang Disdik Optimalkan Layanan Pendidikan, Pastikan Insentif Guru PAUD Ditingkatkan

“Tempat pelaksanaan O2SN terdiri dari lapang Cigugur, kolam renang Yonif 301, GOR Sawitri unsap, Gim Sumedang, Gedung KGS, GOR Kopti Sumedang, GOR Tadjimalela, Stadion Ahmad Yani, GOR Muhammadiyah dan SDN Sukaraja,” jelasnya.

Terakhir Dani menyampaikan bahwa untuk Kegiatan FLS2N diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 2024 cabang yang dilombakan seni tari, kriya, penyanyi solo, gambar bercerita dan pantomim. tempat pelaksanaan FLS2N terdiri dari alun-alun Tegalkalong, SDN Tegalkalong, plaza Asia dan Gedung Creativ Center.

“Peserta O2SN dan FLS2N adalah peserta didik sekolah dasar yang berasal dari 26 Kecamatan se Kabupaten Sumedang seluruhnya berjumlah 1.765 orang terdiri dari 1.557 peserta O2SN dan 208 peserta fls2n di bawah bimbingan para guru pelatih kepala sekolah dan pengawas di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button