AgamaDaerahPemerintahan

Kabupaten Bekasi Sabet Juara Umum MTQ ke-38 Jabar 2024, Sumedang Raih Terbaik Pertama Pawai Ta’aruf

FAJARNUSANTARA.COM- Pagelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 di Kabupaten Resmi di tutup Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman, di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, dengan tema Agungkan Al Quran di Kota Industri untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin”. Sabtu Malam 4 Mei 2024.

Juara umum langsung disampaikan Ketua LPTQ Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar bahwa Kabupaten Bekasi sebagai Juara Umum dan berhak memboyong Piala Gubernur

Kabupaten Bekasi dinyatakan oleh Dewan Hakim sebagai juara umum dengan skor tertinggi dan berhak memboyong Piala Tetap Gubernur Jawa Barat sekaligus diganjar Juara Pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Terbaik pada penyelenggaraan MTQ tahun 2024.

Kabupaten Bekasi menyisihkan Juara Bertahan 9 kali berturut turut yakni Kabupaten Bandung, akan tetapi untuk pawai ta’aruf Bekasi berada di posisi ke-3, Karawang ke-2, dan untuk diposisi Pertama di Raih Kabupaten Sumedang.

Peserta MTQ mengikuti 12 cabang lomba, yakni Tilawah Dewasa dan Qiraat Mujawwad, Tilawah Remaja dan Tuna Netra, Tartil dan Tilawah Anak-Anak, Qiraat Murottal Remaja dan Dewasa, Tahfiz 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz.

Baca Juga :  Asep Kurnia Bangga: Partai Golkar Pimpin DPRD Sumedang, Raih 10 Kursi

Ada pula Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Fahmil Quran dan Syarhil Quran, hingga Karya Tulis Ilmiah Al Quran dan Khat Al Quran.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman sangat bersyukur, pelaksanaan MTQ dari pembukaan hingga penutupan berjalan dengan yang lancar dan dinilai sebagai salah satu yang terbaik. MTQ diikuti 27 kabupaten/kota se-Jabar, terdiri dari 579 peserta putra dan 548 peserta putri.

“Penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Bekasi bisa berdampak pada meningkatnya kualitas pembangunan di Jabar, diharapkan Jabar dapat mencapai visinya menjadi provinsi termaju baik secara lahiriah yang mencangkup pembangunan fisik infrastruktur maupun batiniah warganya,” ujarnya.

Kendati demikian, ada tiga hal pertama, ajang MTQ ini menjadi media untuk mempekuat ukhuwah Islamiah, membangun gotong royong, sabilulungan untuk membangun Jawa Barat, karena hari ini tidak ada superman, yang ada adalah “superteam” Mudah-mudahan dengan MTQ ini pembangunan di Jabar kompak.

Baca Juga :  Gempa 6.5 Magnitude Guncang Pantai Sayang Heulang, Garut, Polisi Beri Kabar Terkini!

Kedua, MTQ dapat melahirkan generasi Qurani, yakni generasi yang bisa membaca sekaligus memahami Al Quran, terlebih mengimplementasikan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita pahami Al Quran bukan hanya teks, tapi konteks nyata di kehidupan sehari-hari karena Al Quran adalah sumber ilmu dan pengetahuan. Urusan pendidikan, kesehatan, ekonomi, semua ada di Al Quran. Kalau kita pahami, insyaallah, masyarakat Jawa Barat akan meningkat kehidupannya,” kata Herman.

ke-Tiga, MTQ sudah pasti menjadi ajang untuk menorehkan prestasi, yang mana di tingkat Jabar, Kabupaten Bekasi hadir sebagai Juara Umum. Sekaligus memotivasi kabupaten/kota lainnya untuk bersemangat meningkatkan prestasi dan terus berbesar hati.

“Insyaallah, Jawa Barat bisa menorehkan prestasi di tingkat nasional,” harap Herman.

Sementara itu Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan juga bersyukur selama pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jabar yang berlangsung di Kabupaten Bekasi telah mampu memberikan dampak bagi perekonomian daerah.

“Ini tercermin dari peningkatan okupasi perhotelan, lalu bisnis katering dan restoran juga mendapatkan banyak orderan. Selain itu, sektor UMKM Kabupaten Bekasi selama acara ini juga meraup peningkatan pendapatan secara signifikan,” kata Dani.

Baca Juga :  Gempa 6.5 Magnitudo Guncang Garut, Guncangan Terasa Sampai ke Sumedang

Pada ajang MTQ ke- 38 Tingkat Provinsi Jabar ini juga turut dipamerkan produk-produk pesantren dalam bentuk bazar.

Pihaknya juga menyediakan paket wisata industri gratis bagi seluruh peserta untuk bisa berkunjung ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi, mulai dari otomotif, makanan minuman, peralatan elektronik dan sebagainya.

Dani Ramdan pun mengucap syukur atas capaian Kabupaten Bekasi yang berhasil menyabet gelar Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jabar tahun ini.

Menurutnya, hasil tersebut diraih berkat usaha keras dan persiapan matang yang telah ditempuh tak kurang dari dua tahun persiapan yang diupayakan.

“Menghadapi MTQ kali ini kami bekerja keras melaksanakan pembinaan dan persiapan terus menerus tidak kurang dari dua tahun terakhir. Mudah-mudahan ini juga membawa semangat bagi masyarakat Kabupaten Bekasi untuk semakin meningkatkan syiar Islam,” pungkas Dani.(smbs)**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button