DaerahSosial

Jembatan Gantung Siliwangi HUM 54 Diresmikan, Ilmawan: Membawa Kemaslahatan Bagi Dua Kabupaten

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., meresmikan Jembatan Gantung Siliwangi HUM 54, di Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang, Kamis (11/3/2021).

Jembatan yang membentang di atas Sungai Cimanuk itu, menghubungkan juga Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya dengan Desa Babakan Anyar Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Dalam peresmian itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, H. Ilmawan Muhamad, S. Ag, ikut hadir bersama unsur Forkopimda Sumedang dan Majalengka. Mulai dari Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, S.E dan Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd beserta jajaran pemerintah dari masing-masing daerah dan sejumlah petinggi TNI di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Baca Juga :  Aliansi Ummat Islam Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Kantor DPRD Sumedang

Ilmawan menyebutkan, pihak DPRD Sumedang ikut menyambut atas dibangunnya jembatan gantung Siliwangi Hum 54. Dari keberadaan jembatan itu, diharapkan dapat membawa manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di dua wilayah.

“Jembatan ini membawa kemaslahatan bagi dua desa, dua kecamatan serta dua kabupaten. Yakni Kabupaten Sumedang dan Majalengka,” sebutnya.

Baca Juga :  Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Sumedang Unjukrasa di Depan DPRD Sumedang

Sementara dalam sambutannya, Pangdam Nugroho Budi menuturkan, pembangunan jembatan gantung merupakan program pemerintah pusat dalam membangun 1.000 jembatan di seluruh Indonesia, yang melibatkan TNI dalam pembangunannya.

“Diharapkan, ini bisa membantu bagi peningkatan perekonomian warga di dua kabupaten yang terbelah Sungai Cimanuk,” harap Pangdam.

Sementara itu, dalam sambutanya, Wabup Sumedang Erwan Setiawan mengungkapkan, adanya jembatan gantung tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya, sebagai sarana transportasi. Begitu juga dalam menunjang mobilisasi perekonomian di antara dua kabupaten tersebut baik di bidang perdagangan maupun pertanian.

Baca Juga :  Perjuangan Heti Andorina Bangun Jembatan Gantung Penghubung 2 Kecamatan Di Sumedang Kini Menuai Hasil

Hal sama, diungkapkan Bupati Majalengka, H Karna. Adanya jembatan Siliwangi HUM 54 itu, selain dapat mendongkrak  perekonomian kedua wilayah.

“Tentunya ini akan menjadi sarana penghubung silaturahmi yang lebih erat antara warga dua di kabupaten,” ujarnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button