Daerah

Jelang Musim Penghujan, Kang Rinso Imbau Masyarakat Waspada Longsor

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Menjelang musim penghujan jadi momok menakutkan disejumlah wilayah di Kabupaten Sumedang. Pasalnya, wilayah yang berbukit kerap menimbulkan bencana banjir atau longsor.

Legislator DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Ridwan Solichin menghimbau kepada seluruh masyarakat yang wilayahnya kerap terdampak banjir dan longsor harus berhati-hati dan bisa mengantisipasi sejak dini.

“Pemerintah desa bersama seluruh RT, RW dan warga harus kerja bakti, menyusuri drainase pembuangan air, dikhawatirkan ada sampah yang menumpuk, karena itu bisa mengakibatkan mampetnya saluran Air, itu perlu dibersihkan,” ujarnya. Jum’at (23/09/2022).

Baca Juga :  PKS Sumedang Gelar Kembara, Bantu Warga Cimanggung Bergotong Royong Pengecoran Masjid

Politisi muda Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) menuturkan, penyumbatan drainase merupakan salah satu akibat akan datangnya Banjir, jadi titik-titik yang wilayahnya biasa terkena banjir harus mulai disisir dibersihkan, tetap waspada guna mengantisipasinya.

Baca Juga :  Yana Flandriana : Program Sister City dengan PKS KBB dan Pangandaran Tambah Wawasan Pengelolaan Wisata Daerah

“Penyebab banjir diantaranya, penyempitan muara aliran kali atau sungai,” tambahnya.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Davil Sumedang, Majalengka, Subang (SMS) menegaskan, perlu adanya kegiatan normalisasi sungai. Jika, hanya sungainya saja yang diperlebar, tapi muaranya dibiarkan menyempit maka aliran air hujan akan berbalik dan menyebabkan banjir.

“Apalagi ditambah, ada penyempitan sepadan sungai yang disebabkan adanya bangunan-bangunan liar yang berdiri tanpa izin maka, disini peran pemerintah harus secepatnya mengambil tindakan tegas,” tegasnya.

Baca Juga :  Politis Perempuan PKS Umi Nisa, Ingatkan Pemda Sumedang Waspada Bencana

Namun, Kang Rinso sapaan akrab H. Ridwan Solichin mengingatkan Pemerintah supaya secepatnya bertindak mengantisipasi hal-hal yang akan berdampak bencana ketika musim penghujan tiba dan lakukan mitigasi supaya bisa meminimalisir bencana.

“Mudah-mudahan musim hujan tidak membawa musibah tapi akan membawa berkah,” harapnya. (ESH).

Selengkapnya

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Saat ini aktif di organisasi profesi wartawan Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas). Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button