DaerahEkonomiPendidikan

Jalin Kemitraan dengan Unpad, Pemkab Sumedang Ingin Perkuat Bidang Pertanian dan Kearsipan

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Universitas Padjadjaran (Unpad) membangun kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Diantaranya, dalam bidang pendidikan, penelitian, pembangunan, kemasyarakatan, serta pendampingan di bidang pertanian dan kearsipan.

Kemitraan ini dibubuhkan dalam Perjanjian Kerja Sama antara Dekan Fakultas Pertanian Unpad Dr. Ir. Meddy Rachmadi, M.P., dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang Ir. Amim, serta penandantangan PKS oleh Kepala Kantor Arsip Unpad Nyi Raden Anita Trikusumawati, M.M., dengan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, Dikdik Sadikin, di Pendopo Gedung Setda Kabupaten Sumedang, baru-baru ini.

Baca Juga :  Sukses Berprestasi, Pemkab Sumedang Gelontorkan "Uang Kadedeuh" Untuk Kontingen Porprov

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Sumedang Herman Suryatman mengatakan, kerja sama dengan Unpad memiliki punya peran penting dalam menghasilkan inovasi di lingkungan Pemkab Sumedang. Menurutnya, pemerintahan dan pembangunan di Sumedang, saat ini dihadapkan pada kondisi “triple disruption”, sehingga dibutuhkan strategi yang tidak biasa dalam menghadapinya.

Baca Juga :  Bupati Sumedang : Sumedang Harus Punya Ketahanan Ekonomi Daerah Untuk Menghadapi Tantangan Krisis Global

“Kuncinya inovasi dan kolaborasi. Kami mencoba sesuatu yang berbeda di sektor pertanian dan sektor arsip. Kita jangan tanggung, making change and making history. Ini harus dibuktikan hasilnya. Pergerakannya harus ‘nendang’, tidak bisa dengan inovasi biasa saja,” ujarnya seperti melansir dari laman resmi www.unpad.ac.id.

Baca Juga :  Menghambat Aktivitas, Warga Keluhkan Jalan Pasirhuni - Jingkang Yang Rusak

Kerja sama dengan Faperta ini, dinilai juga dapat memberikan perubahan dalam mengembangkan kapasitas sumber daya bagi para petani di daerah Sumedang. Termasuk dalam kerja sama di bidang kearsipan, dapat memperbaiki sekaligus meningkatkan tata kelola kearsipan di lingkungan Pemkab Sumedang, baik secara manual maupun digital. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button