BisnisEkonomiNasional

Inovasi Kelistrikan, PLN dan Chery Bangun Ekosistem EV, Menuju Masa Depan Hijau

FAJARNUSANTARA.COM- Pendukung pertumbuhan beragamnya produsen kendaraan listrik di Indonesia, PT PLN (Persero) turut berperan aktif. Kini, PLN menjalin kerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Chery Sales Indonesia untuk menyediakan layanan pengisian di rumah, atau home charging. Jumat 22 Februari 2024.

Kolaborasi antara PLN dan Chery menghadirkan kemudahan bagi pemilik kendaraan listrik. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa langkah ini sebagai bagian dari upaya PLN dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur yang diperlukan.

“Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi awal dari banyak kerja sama serupa, sehingga semakin banyak kendaraan listrik dapat hadir di Indonesia, mendukung visi _Net Zero Emissions_,” ujar Darmawan.

Baca Juga :  YBM PLN UP3 Sumedang, Salurkan Bantuan Sembako dan Obat-obatan untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung

Tony Bellamy, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, menjelaskan bahwa produk _home charging_ adalah inovasi untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik. Melalui infrastruktur kelistrikan yang tersedia, pelanggan dapat mengisi daya kendaraan mereka di rumah dengan lebih mudah.

“PLN telah mengembangkan produk _Home Charging Services_ untuk memberikan keuntungan kepada konsumen. Pengisian daya di rumah akan mendapatkan harga spesial serta diskon tarif listrik,” tambah Tony.

Baca Juga :  PLN Resmikan 2 SPKLU di Tol Cipali, Siap Sambut Lonjakan Pengguna EV Saat Mudik Lebaran

Selain itu, kerja sama ini juga memberikan manfaat kepada calon pembeli mobil listrik Chery. Mereka dapat mengajukan pemasangan _home charging_ melalui aplikasi PLN Mobile setelah pembelian kendaraan.

Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, menyambut baik kerja sama ini sebagai langkah nyata dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami percaya bahwa kesadaran akan pentingnya penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti EV, dapat terwujud melalui kerja sama seperti ini,” kata Qu Jizong.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Ajak Masyarakat Laporkan Potensi Bahaya Listrik

Kerja sama ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat memanfaatkan insentif pemerintah yang tersedia untuk penggunaan kendaraan listrik.

Hingga saat ini, Chery menjadi ATPM EV roda empat yang ke-8 yang menjalin kerja sama dengan PLN. PLN berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan mitra lainnya guna mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat, menyatakan optimisme atas minat pelanggan terhadap layanan _home charging_ di wilayahnya, seiring dengan bertambahnya jenis kendaraan listrik yang tersedia di pasaran.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button