DaerahPemerintahan

Indeks SPBE Sumedang Terbaik di Indonesia, Mahasiswa IPDN Lakukan Studi Strategis

FAJARNUSANTARA.COM,- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Terapan Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tertarik dengan prestasi dan inovasi pembangunan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Oleh karena itu, mereka melakukan studi strategis ke Sumedang.

Rombongan mahasiswa tersebut, yang dipimpin oleh Wakil Direktur (Wadir) Prodi Magister Terapan Ilmu Pemerintahan, Ika Sartika, diterima oleh Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, di Aula Tampomas pada Selasa (23/5/2023).

Studi strategis ini mengangkat tema “Inovasi Transformasi dan Digitalisasi Manajemen Pemerintah di Kabupaten Sumedang”.

Baca Juga :  Alumni IPDN Diminta Berkontribusi Aktif dalam Pembangunan Sumedang

Wadir Prodi Magister Terapan Ilmu Pemerintahan, Ika Sartika, mengatakan bahwa Sumedang dipilih sebagai lokasi kunjungan karena Indeks Standar Pelayanan Birokrasi Elektronik (SPBE) yang diraih Sumedang merupakan yang terbaik di Indonesia.

“Ketika menyebut tentang Indeks SPBE se-Indonesia, pasti tertuju pada Sumedang yang memiliki peringkat tertinggi,” ujarnya.

Bahkan nilainya sangat mencolok dibanding yang lain, lanjut Ika, Oleh karena itu, kami belajar ke sini. Sumedang sudah menjadi yang terdepan dalam hal SPBE,

Ika menjelaskan bahwa berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih Sumedang tidak terlepas dari peran Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda yang membimbing aparatur sipil negara (ASN) untuk melakukan perubahan dan percepatan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Pilih Tema e-Government untuk Disertasi S3, Menuju Pemerintahan Berkelas Dunia

“Kami datang dengan tujuan untuk mendapatkan pencerahan mengenai digitalisasi, terutama dalam pelayanan publik. Insya Allah, ke depan kami akan membuat MoU. Pemerintah Kabupaten Sumedang menjadi pelopor bagi IPDN,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Herman Suryatman menyampaikan bahwa pihaknya dengan senang hati memberikan informasi serta berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait transformasi digital.

Baca Juga :  Kerjasama Pemkab Sumedang dan IPDN Kembali Diperkuat dengan Serah Terima Jabatan

Menurutnya, Sumedang telah melaksanakan transformasi digital selama 3-4 tahun dan berhasil menjadikan Sumedang sebagai daerah terdepan dengan tujuan utama untuk kesejahteraan rakyat.

“Semoga dengan kunjungan ini, selain memberikan wawasan kepada mahasiswa pasca sarjana, Sumedang juga mendapatkan umpan balik untuk memperbaiki transformasi digital,” tutupnya.

Dengan adanya kunjungan studi strategis ini, diharapkan mahasiswa IPDN dapat mempelajari berbagai strategi dan keberhasilan,

Yang telah diraih oleh Kabupaten Sumedang dalam menerapkan inovasi dan digitalisasi dalam pemerintahannya.****

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button