Daerah

Ilmawan: TMMD dapat Memelihara Budaya Gotong-royong yang Merupakan Warisan Leluhur

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), diharap dapat meningkatkan inovasi dan akselerasi masyarakat dalam rangka mempercepat proses pembanguan infrastruktur di wilayah Kabupaten Sumedang.

Khususnya di Kecamatan Tanjungmedar. Sehingga dapat bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, akan terwujud masyarakat yang sejahtera, agamis akhlaknya, maju daerahnya, profesional aparaturnya dan kreatif ekonominya atau Sumedang Simpati.

Hal itu, dikatakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, H. Ilmawan Muhamad, S. Ag saat menghadiri pembukaan pelaksanaan program TMMD ke-110 Tahun Anggaran 2021, di Dusun Cilutung Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, Selasa (2/3/2021).

“Kegiatan TMMD juga, dapat memelihara budaya gotong-royong yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia yang sangat berharga dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI,” ucapnya.

Baca Juga :  DPRD Sumedang Sumbang Bahan Material Masjid Al Huda Desa Bongkok

Mewakili lembaga DPRD Sumedang, Ilmawan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada TNI, yang telah secara rutin melaksanakan kegiatan TMMD. Dia juga menyebutkan, kegiatan tersebut menunjukan bahwa TNI, selain sebagai alat negara yang tugasnya memikul senjata untuk berperang melawan musuh dan mempertahankan keutuhan NKRI, dapat juga sebagai mitra pemerintah dalam membangun ketahanan wilayah di seluruh Indonesia.

“Semoga dengan adanya kegiatan TMMD ini, semakin meningkatkan lagi sinergi antara TNI dan Pemerintah dan juga masyarakatnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah melalui departemen yang terintegrasi dengan masyarakat yang ada di daerah,” ungkapnya yang hadir bersama jajaran Petinggi TNI Kodam III/Siliwangi dan jajaran Forkopimda Sumedang.

Baca Juga :  Kang Maman Hadir pada Groundbreaking Gedung Perpustakaan Daerah Sumedang

Selain itu, hadiri juga Bupati dan Wakil Bupati Sumedang H. Dr. Dony Ahmad Munir, S.T, M.M – Erwan Setiawan, S.E, Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa dan Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa mengatakan, TMMD kali ini diisi dengan pembangunan jalan poros desa yang akan menjadi penghubung antara Desa Kertamukti dengan Desa Tanjungmedar, yang semula hanya jalan setapak.

Dengan dibangunnya, dapat memperlancar mobilitas warga. Baik dalam aktivitas ekonomi maupun pendidikan bagi para pelajar, yang selama ini harus menempuh jarak yang lebih jauh untuk sampai di sekolahnya.

Baca Juga :  Berikut Tuntutan Mahasiswa saat Melakukan Aksi di Depan Gedung DPRD Sumedang

Sementara itu, Bupati Dony dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan jalan yang dikerjakan bersama-sama lintas sektoral TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat pada TMMD, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tiga indikator.

Jalan itu, akan mempermudah akses distribusi hasil pertanian dan datang ke fasilitas kesehatan. Kemudian menjadi sebuah motivasi untuk meningkatkan partisipasi mayarakat dalam mempercepat pembangunan yang bernilai gotong-royong. Termasuk penyuluhan dalam semangat kebangsaan untuk menjadi bagian aktif bela negara.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada TNI. Ini bukti kemanunggalan dalam memberikan solusi pelayanan yang terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button