HeadlineNasionalPemerintahan

Hasil Fit And Proper Test, Komisi III DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Secara aklamasi, Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis.

Hal ini diumumkan, usai Komjen Listyo Sigit menjalani Fit and Proper Test (uji kelayakan dan kepatutan) yang digelar Komisi III, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga :  Komisi III Sambut Baik Kebijakan Lepas Masker, Kabar Gembira bagi Dunia Pendidikan

“Berdasar pada pandangan dan catatan fraksi, pimpinan serta anggota Komisi III, secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III Herman Hery, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga :  Bersama DPR, BPH Migas gelar Sosialisasi di Bandung Jawa Barat

Atas persetujuan itu, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR, guna mengagendakan rapat paripurna pengesahan Kapolri terpilih itu.

“Tinggal ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan,” sebutnya.

Baca Juga :  Bersama DPR, BPH Migas gelar Sosialisasi di Bandung Jawa Barat

Sementara dalam uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit yang digelar hari ini, berlangsung selama empat jam. Dalam kesempatan itu, Sigit memaparkan visi dan misinya sebagai calon kapolri. Keputusan itu diambil setelah Komisi III mendalami paparan Sigit dan melakukan rapat pleno. (**)

Selengkapnya
Back to top button