Mancanegara

Gempa 7,2 Magnitudo Guncang Tokyo Jepang, Disertai Terjangan Tsunami Satu Meter

FAJARNUSANTARA.COM, TOKYO – Ibu kota negara Jepang, Tokyo, ikut diguncang gempa berkekuatan 7,2 magnitudo. Gempa bumi ini terjadi pada kedalaman 60 km wilayah pantai timur laut Jepang, Sabtu (20/3/2021) sore.

Guncangan gempa ini, menghantam juga wilayah yang pernah hancur akibat bencana 2011. Gempa kali ini juga menyebabkan tsunami setinggi satu meter.

Baca Juga :  Korban Gampa Cianjur Memilih Mengungsi di Rancakalong

Seperti dilaporkan juga stasiun penyiaran NHK, gempa melanda pantai Prefektur Miyagi pukul 18.26 waktu setempat.

Selain itu, mengutip dari JPNN.com, perusahaan Tohoku Electric Power menghentikan kegiatan pembangkit nuklir Onogawa. Saat ini sedang dilakukan juga memeriksa gangguan lainnya,” lapor NHK.

Baca Juga :  Update Gempa Cianjur : Listrik Padam, Korban Tewas Capai 68 Jiwa

Begitu juga perusahaan Tokyo Electric Power, ikut memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi. Lokasi ini hancur akibat gempa dahsyat pada Maret 2011 hingga menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

Dalam gempa sore tadi, dalam tayangan video NHK dari biro Sendai memperlihatkan sebuah plakat yang menggantung di langit-langit. Semuanya bergoyang selama sekitar 30 detik akibat gempa.

Baca Juga :  Paguyuban Pedagang Cimol Gedebage Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Gempa kali ini, dapat dirasakan hingga ke Tokyo. Bahkan jaraknya mencapai 400 km bagian selatan dari pusat gempa. NHK juga, sampai memperingatkan masyarakat agar menjauhi pantai. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button