Daerah

Forum Gunung Geulis diberi Kepercayaan Mengelola RTH oleh PT Kahatek

FAJARNUSANTARA.COM,- Forum Gunung Geulis Gelar FGD di Aula Desa Jatiroke, bahas kerjasa pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dengan menghadirkan langsung tenaga Ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam hal pengelolaan Ruang Terbuka Hijau pada hari Rabu 7 September 2022.

Dalam kegiata tersebut, hadir Forkopimcan Jatinangor dan Kepala Desa Jatiroke serta sejumlah kalangan Akademisi dan tokoh masyarakat, serta pecinta lingkungan.

Menurut ketua Forum Gunung Geulis, Saefudin, kegiatan FGD ini adalah sosialisasi awal karena pihaknya telah diberi kepercayaan oleh PT Kahatek untuk mengurus Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dimana, pihaknya langsung mengajak kerjasama denga ITB Jatinangor, dengan Pola Desa Edukasi Wisata Agrokforetry Gunung Geulis (DEWA GUGELIS) yang mengacu kepada kesejahteraan masyarakat dalam hal pengelolaan hutan. Dengan begitu bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan ketika hutan sudah hijau (Gunung Hejo Masyarakat Ngejo).

“Jadi sesuai perjanjian dengan PT Kahatek jika kita mengelola RTH maka 70 persen tanamannya yang produktif, sebagiannya tanam kayu keras guna menjamin fungsi hutan yang bisa mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Dr. Yayat Hidayat Dosen ITB mengatakan, kegitan FGD ini adalah menampung aspirasi dari semua stakeholder guna menerima masukan-masukan.

“Karena tanpa adanya dukungan dari semua stakeholder segala sesuatunya pasti sulit terwujud,” ujarnya.

Dr. Yayat menuturkan, ternyata usulan tertuju kepada budidaya Cengek dan penanaman pohon pisang kepok guna memanfaatkan lahan RTH yang diberikan oleh PT Kahatek, begitu juga lahan dari carik desa dengan pola Multi usaha.

“Dengan harapan kedepanya mari kita bersama-sama menata hutan RTH dengan Tagline Hutan Hejo Masyarakat Ngejo,” pungkasnya.

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button