Bisnis

Eni Sumarni Apresiasi Kreatifitas warga Kabupaten Bandung di Festival Sarung Majalaya

FAJARNUSANTARA. COM, BANDUNG
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapil Jawa Barat, Drs. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes, mengapresiasi kreatifitas dan semangat para pelaku UMKM Kab. Bandung, Kamis, 10 Maret 2021.

Apresiasi ini disampaikan Eni saat memberikan arahan di Festival Sarung Majalaya, yang diselenggarakan oleh Forum UMKM Nuswantara (FUN) Kabupaten Bandung.

“Bunda Bangga sekali dengan kreativitas generasi masa kini, mampu membuat sarung menjadi beragam kreasi, mulai dari dekorasi event, pakaian sehari-hari, hingga inspirasi-inspirasi yang Bunda yakin, akan mampu membangkitkan Ekonomi Negeri, sambil berpegang teguh kepada Tradisi,” tutur Eni yang akrab dipanggil Bunda oleh para pelaku UMKM ini.

Baca Juga :  Unpad Temukan Masalah Hama di Desa Leles Garut

Selain Eni, Festival ini juga dihadiri dan dibuka oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Bandung, H. Emma Dety Permanawati Fadhilah, yang juga didampingi oleh Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian Kab. Bandung, Bapak H. Marlan, S.Ip, serta Asisten Daerah 3 Bidang Administrasi Umum, Hj. Nina Setiana.

Hadir juga pada acara teesebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Bandung, Dicky Anugerah, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Bandung, Didin Sahidin. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat juga turut mengirimkan perwakilan di acara tersebut.

Baca Juga :  Ini Alasan Eni Sumarni Bantu Kembangkan Wisata Air di Desa Leles Garut

Seperti disampaikan Eni, berbagai komunitas dan pegiat UMKM seperti HIPMI, Regenerasi Bikers Indonesia, serta komunitas-komunitas textil serta seni dan tradisi lainnya, tampak meramaikan acara tersebut.

“Para pengunjung festival ini disuguhi dengan berbagai hiburan kesenian seperti persembahan seni tari-tari tradisional, pencak silat, angklung, hingga Fashion Show yang menampilkan 3 designer lokal dengan koleksi design fashion berbahan sarung khas Majalaya,” lanjut Eni.

Koleksi ini diperagakan oleh para putri desa, yang melintasi catwalk sesuai dengan arahan dari para desainer, yaitu Yanti Lidiati, Dianti Sari Hendralia, serta Rida. Yanti dan Rida dikenal sebagai Desainer asli dari kecamatan Majalaya, sementara Dianti adalah Desainer yang didatangkan dari Gerakan Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif (DEWI EKA).

Baca Juga :  Unpad Temukan Masalah Hama di Desa Leles Garut

“Fashion show ini terasa luar biasa, karena diperagakan oleh para Putri Desa yang mampu menampilkan otentitas pesona khas Majalaya.” Tutur Dianti.

“Sarung Majalaya dikenal sebagai icon yang dulu menjadikan kecamatan Majalaya Kab. Bandung ini, dikenal sebagai Kota Dollar.” Tutur Budi Yusep Nurzaman, Ketua Forum UMKM Nuswantara (FUN) Kab. Bandung, pada sambutan pembukaan Festival Sarung Majalaya. (ESH).

Selengkapnya
Back to top button