BisnisDaerahWisata

Eks Galian C Gunung Tampomas Disulap Jadi Kawasan Ekowisata

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Eks Galian C Gunung Tampomas di kawasan Cileuksa Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, nampaknya cocok dijadikan Ekowisata.

Hal ini, menjadi ladasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang, untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Sumedang kawasan bekas galian pasir itu sebagai Ekowisata.

Baca Juga :  Harga BBM Naik, Ratusan Buruh di Sumedang Demo Tuntut Kenaikan Upah, DPRD Mengamini

“Kami (DPRD Sumedang) mendorong pembangunan Ekowisata Cileuksa ini, khususnya di kaki Gunung Tampomas yang merupakan eks galian pasir,” Kata Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra disela menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ekowisata Cileuksa, Rabu (11/11).

Alasan pihaknya melakukan hal itu, kata Irwansyah, melihat prospek kedepan dalam pemanfaatan Eks Galian C itu menjadi kawasan wisata.

Baca Juga :  Vendor Wedding Kekurangan Tenaga Kerja, ASPEDI Dorong Pemkab Sumedang Adakan Pelatihan

“Jika seluruhnya bisa ditata untuk jadi kawasan wisata ini sangat bagus. Ini baik dilakukan karena manfaatnya untuk jangka panjang,” paparnya.

Sementara itu, peletakan batu pertama kawasan Ekowisata Cileuksa ini dilakukan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, S.E bersama Direktur PT. TPK Bilqis, Taufiq Gunawansyah.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Jatos Ke-16, Ustadz Evi Effendi Hadir Hipnotis Pengunjung

Wabup Erwan pun sangat berharap dari pembangunan Ekowisata Cileuksa itu, menjadi role model dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Sumedang.

“Tentunya dalam melakukan pengembangan wisata yang ramah lingkungan,” tuturnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button