Ekonomi

Dukung Peningkatan Ekonomi Kewilayahan, Kang Erwin Borong Dua Warung Nasi di Kiaracondong

FAJARNUSANTARA.COM, Bandung — DPC PKB Kota Bandung bersama DPW PKB Jawa Barat berkolaborasi menumbuhkembangkan perekonomian kewilayahan di Kota Bandung dengan Program Food Bank, UMKM dan Jumat Berkah.

Ketua DPC PKB Bandung Erwin Affandi mengatakan, program tersebut sudah berlangsung sebelum Bulan Suci Ramadan lalu. Dan pada Jumat ini (21/5/2021) pihaknya membidik dua pelaku UMKM di Kawasan Kecamatan Kiaracondong. Yaitu Warung Nasi Bu Imas di bilangan Jalan Babakansari 3 RT 01/14 dan Warung Nasi Bu Nani di Jalan Gang Desa RT 02/02.

Erwin langsung memborong dagangan kedua warung tersebut kemudian membagikannya kepada yang membutuhkan.

Kang Erwin, sapaan akrabnya, menuturkan, selain membantu agar sumber perekonomian kearifan lokal di wilayah seperti produk-produk UMKM dan rumahan yang ada berkembang, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk berbagi keberkahan dan manfaat kepada masyarakat.

Baca Juga :  Sebanyak 87 UMKM Jawa Barat Ikuti KKJ dan PKJB Tahun 2022

“Di samping berbagi berkah Jumat, kita juga ingin menumbuhkan UMKM yang ada di kewilayahan bangkit,” tuturnya di kediamannya, di Jalan Wuluku Raya 15 Babakansari, Kiaracandong, Bandung, Jumat (21/5/2021).

“Alhamdulillah inisiasi ini sebenarnya sudah dimulai sejak Program Ramadhan Berkah bersama Kang Erwin dan warga masyarakat Cibiru, Ujungberung, Babakan Ciparay, Cinambo, Andir dan Cicendo,” tambahnya.

Kang Erwin mengungkapkan, ke depannya akan dibentuk UMKM Binaan di bawah naungan Koperasi Bandung Wins Berkah yang sudah selesai dibentuk dan disahkan pada 20 Mei 2021 kemarin.

Menurutnya, konsep tersebut lebih dipusatkan pada pemberdayaan SDM dan kearifan produk lokal yang akan dipasarkan.

Baca Juga :  PT. Koryza Fasilitasi Bazar UMKM Desa Cibeusi, Wabup Sumedang Apresiasi

“Tentunya untuk memberikan kail, umpan juga kerambanya hingga dijadikan menu apa hasil tangkapannya tersebut, itu ibaratnya pada masyarakat agar lebih terbina, terfokus dan terarah. Serta terkontrol dan tentunya punya daya pasar untuk dijual. Insya Allah ke depannya juga akan disandingkan dengan pelatihan-pelatihan,” ungkapnya.

Sementara itu, pelaku UMKM pemilik Warung Nasi Bu Imas, Imas menuturkan, pihaknya bersyukur atas kepedulian dari Anggota DPRD Kota Bandung tersebut. Imas mengaku senang saat produk UMKMnya, yaitu nasi kotak dibeli tanpa ditawar harganya.

“Saya sangat berterimakasih dan bersyukur ada dewan yang memperhatikan hasil warung nasi dengan memborong sehingga ada bekal buat belanja besok,” tutur Imas.

Baca Juga :  Terpuruk karena Covid-19, Puluhan UMKM di Jatinangor mengikuti FGD

Pembagian nasi kotak tersebut mendapat sambutan baik dari warga. Salah satunya, Agus, warga Gang Desa. Dirinya mengucapkan terima kasih karena mendapat nasi kotak tersebut.

“Saya terima kasih sekali pada Kang Erwin, jazakallah khairon khatsiron, baru pulang kerja langsung bisa makan,” ucapnya.

Warga lainnya, Nana yang merupakan seorang penarik ojeg pangkalan di gang setempat juga antusias menerima nasi kotak tersebut saat menunggu muatan penumpang. Dirinya mengaku sering menerima nasi kotak tersebut.

“Alhamdulillah saat letih seharian menunggu tumpangan saya senang sekali mendapatkan nasi dus ini, apalagi bukan kali pertama saya mendapatkannya. Ini yang ke empat kalinya saya dapatkan nasi dus ini, terima kasih Kang Haji Erwin atas kepeduliannya,” ungkapnya.

Selengkapnya
Back to top button