DaerahKesehatan

DPPKB Sumedang Seleksi Duta Genre Untuk Bersaing di Tingkat Provinsi

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang, menggelar seleksi Duta Genre tingkat kabupaten, di Aula Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (12/11).

Kegiatan yang diikuti 58 peserta itu, merupakan perwakilan dari 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Dimana sebelumnya, peserta yang merupakan para remaja dibawah kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) itu, dilakukan penjaringan di tingkat kecamatan.

Kadis PPKB Kabupaten Sumedang Hj. Ani Gestapiani mengapresiasi para peserta yang antusias dalam kegiatan seleksi Duta Genre Kabupaten Sumedang 2020 ini. Sehingga dengan begitu, hasil dari seleksi ini akan melaju ke tingkat provinsi. Dimana hasilnya, sebagai role model bagi remaja lainnya, dalam hal menuju dunia keluarga yang sejahtera dengan memiliki dua anak.

“Alhamdulillah ya, sangat apresiasi sekali karena diluar dugaan. Dan kegiatan ini juga dari mereka untuk mereka. Kami dari dinas hanya support, baik ibu kabid dan kasinya juga, sangat baik dalam kegiatan ini,” tuturnya kepada Fajarnusantara.com.

Di tempat sama, PLKB wilayah Kecamatan Tanjungsari yang juga pembina PIK-R, Sri Handiyani menuturkan, seleksi Duta Genre ini, sama halnya seperti mojang jajaka. Hanya saja pada seleksi Duta Genre ini, lebih kepada edukasi mengenai permasalahan remaja. Utamanya mengenai pengetahuan tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) yaitu seksualitas, HIV/AIDS, NAFZA dan lainnya.

“Peserta yang diseleksi dilihat SDM-nya, wawasan kebangsaan, tentang PIK-R. Dan PIK-R ini didalamnya merupakan generasi berencana. Didalamnya juga ada yang disebut TRIAD KRR, meliputi usia perkawinan, terhindar dari narkoba HIV/AIDS, dan terhindar dari seks bebas,” sebutnya.

Ditambahkan Sri, yang menjadi utama dalam seleksi ini, peserta juga dituntut dalam pemahaman generasi berencana. Termasuk pendewasaan dan kesiapan berumah tangga.

“Sebelum umur 21-25, harus mempersiapkan kapan menikah, kapan akan mempunyai anak. Acara ini seperti pemilihan Moka (untuk seleksinya), cuma dalam Duta Genre ini, lebih kepada wawasan mereka dalam kebangsaan dan generasi berencananya,” jelasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button