DaerahKomunitasPolitik

Desa Episentrum Bangsa Memperkuat Ideologi Pancasila

MAJALENGKA – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan di Saung Paniis, Desa Paniis, Majalengka. Acara sosialisasi itu dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, H.Nurhasan Zaidi, Pimpinan DPD PKS Kabupaten Majalengka dan Tokoh Masyarakat serta Warga Desa Paniis, Sabtu (28/5/22).

Dalam paparannya, H. Nurhasan Zaidi menjelaskan, penting untuk disosialisasikan empat pilar kebangsaan ini karena empat pilar bernegara yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan bersatu.

Baca Juga :  Ketum PUI KH Nurhasan Zaidi Safari Dakwah ke PUI Jawa Barat

“Pancasila Sebagai sebuah falsafah dan ideologi bernegara, harus menjadi jiwa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sebagai dasar negara, Pancasila harus menjadi pondasi semua aktivitas masyarakatnya. Nilai nilai filosofis Pancasila harus menginspirasi pembangunan desa yang berdasar pada fakta kebhinekaan serta keragaman budaya lokal desa”, lanjutnya.

Baca Juga :  Nurhasan Optimis PKS Sumedang Akan Lebih Maju

Legislator dapil Subang, Majalengka dan Sumedang ini menegaskan bahwa setiap desa merupakan episentrum bangsa untuk memperkuat ideologi Pancasila, dan desa mempunyai adat budaya, kondisi geografis dan sosial masyarakat yang berbeda. Arah kebijakan pembangunan desa memberi ruang bagi desa untuk menentukan prioritas Desa yang paling mendesak dan dibutuhkan warga desa, tidak lepas dari adat dan kearifan lokal setempat, sesuai kondisi geografis dan sosial masyarakatnya.

Baca Juga :  Bersama DPR, BPH Migas gelar Sosialisasi di Bandung Jawa Barat

“Tentu, prioritas tersebut harus diputuskan bersama dalam musyawarah desa yang juga berdasar data desa, serta mengacu pada kebijakan prioritas nasional. Termasuk mempertimbangkan potensi desa, misal desa paniis ini memiliki potensi wisata alam dan wisata relijius, disinilah peran tokoh serta warga masyarakat dan pemerintah bahu membahu menggali potensi itu”, pungkasnya.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button