Pemerintahan

Bupati Sumedang Optimis Raih Penghargaan Anugerah Tinarbuka 2023 untuk Kabupaten Sumedang

FAJARNUSANTARA.COM,- Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir melangkah dengan percaya diri ke tahap presentasi Anugerah Tinarbuka 2023 yang digelar oleh Komisi Informasi (KI) Pusat.

Terpilih menjadi salah satu kandidat lima besar kepala daerah di Indonesia yang berhak menerima penghargaan ini, Bupati Dony siap memaparkan segala hal yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam hal keterbukaan informasi publik.

Presentasi dilangsungkan di Hotel Atria Serpong, Tanggerang pada Senin (27/3/2023) setelah berhasil lolos tahapan verifikasi administrasi.

Tinarbuka sendiri adalah penghargaan yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat, untuk memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang jatuh pada tanggal 30 April, yang juga bertepatan dengan sahnya UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam presentasi tersebut, Bupati Dony didampingi oleh Sekda Herman Suryatman untuk memaparkan alat ukur dan instrumen keterbukaan informasi publik serta outcome, dampak, dan manfaat Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Bupati menyampaikan bahwa KIP adalah sebuah keharusan yang sudah dipraktikkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui berbagai platform.

Tak hanya itu, Bupati Dony juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi “Wa Kepo” dan ikut berpartisipasi di era keterbukaan informasi.

Ia berharap partisipasi masyarakat dapat menjadi stimulus bagi akses pelayanan yang lebih baik dan ikut berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Sumedang.

Ketua Komisioner Komisi Informasi Jabar Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Dadan Saputra, yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas kemajuan yang telah dicapai oleh Kabupaten Sumedang.

Ia menyebutkan bahwa Sumedang sudah sangat informatif dan instrumen KIP yang disampaikan sangat menarik karena berdampak terhadap keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Dadan Saputra, semua orang punya kesempatan untuk mengambil kebijakan secara tepat karena informasinya sangat berkecukupan.

Tentunya, Kabupaten Sumedang berharap bisa meraih penghargaan Tinarbuka 2023 dan menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Semoga kesuksesan selalu menyertai Kabupaten Sumedang dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.(Maul)***

 

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button