Daerah

Budaya Asli Indonesia, Inilah Sejarah Kemunculan Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu  bentuk seni bela diri yang asli berasal dari Indonesia. Pada tanggal 12 Desember 2019 silam, nama Indonesia memang berhasil terangkat berkat adanya pencak silat ini dimana sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO. 

Terkait dengan bagaimana sejarah pencak silat, Eddie Marzuki  Nalapraya (88) memiliki waktu untuk menjelaskan bagaimanakah asal usul pencak silat itu sendiri. Eddie sendiri adalah mantan wakil Gubernur DKI Jakarta pada periode  1984-1987. 

Baca Juga :  O2SN Cabor Karate dan Pencak Silat Tingkat SMP Digelar

Sejarah pencak silat yang mendunia 

Menurut Eddie, tradisi ini sendiri ternyata merupakan tradisi yang menjadi cabang olahraga dimana berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat dan Cimande, Jawa Barat. Jadi bisa dibilang apabila pencak silat ini berasal dari dua daerah, 

Baca Juga :  O2SN Cabor Karate dan Pencak Silat Tingkat SMP Digelar

Dimana dua daerah tersebut mempunyai aliran yang berbeda-beda. Dimana di Minangkabau kebanyakan menggunakan kaki, sedangkan di Cimande menggunakan tangan. Walaupun berasal dari dua daerah yang berbeda, pencak silat ini ternyata terus mengalami perkembangan. 

Dimana saat ini setiap daerah sudah mempunyai aliran yang berbeda-beda. Bahkan pencak silat ini pun sudah  menyebar  di nusantara sejak abad ke 7. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya relief di candi Borobudur. 

Baca Juga :  O2SN Cabor Karate dan Pencak Silat Tingkat SMP Digelar

Selain itu, keberadaan IPSI atau ikatan pencak silat seluruh Indonesia pun menyatukan seluruh pencak silat yang ada di Indonesia dimana berdiri pada 1973 silam. Kini, hampir semua perguruan tinggi di Indonesia menjadikan pencak silat sebagai salah satu kegiatan tambahan. 

Selengkapnya
Back to top button