NasionalPemerintahan

BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Kemensos Salurkan Untuk 9 Juta KPM

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Kabar baik datang lagi warga tanah air. Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan lagi bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp 300.000 perbulannya. BST kali ini, merupakan penyaluran tahap dua yang rencananya akan berlangsung hingga Desember 2020 nanti.

Mensos Juliari P Batubara melalui Juru Bicaranya, Adhy Karyono mengatakan, bantuan Rp 300.000 disalurkan untuk 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dari jumlah PKM itu, bukan merupakan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga :  Polres Sumedang Gelar Gebyar Vaksin Covid-19 Presisi di Jatinangor Town Square

“Di luar penerima PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Jadi peserta yang akan menerima itu tidak boleh menerima PKH dan BPNT,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/11).

Menurutnya, peserta yang berhak mendapatkan BST kali ini, merupakan warga yang memiliki data di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun ada yang tidak terdaftar di DTKS, dengan ketentuan khusus.

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Dengan Postif Covid-19, Masyarakat Diminta Jaga Prokes

“Walaupun ada di luar DTKS, itu sudah sesuai dengan usulan daerah, bahwa orang itu sudah terdampak Covid-19,” jelasnya.

Menurut Adhy, penyaluran bantuan BTS senilai Rp 300.000 per bulan ini, akan disalurkan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima atau pun melalui PT Pos Indonesia. Maka bagi para peserta yang memiliki rekening, penyaluran dana akan ditransfer. Hal itu akan dilakukan dengan cara bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Baca Juga :  Warga Desa Sindanggalih Sumringah Terima Bansos

“Mulai dari yang punya rekening BRI, BNI, Mandiri dan BTN, itu akan ditransfer melalui bank. Tapi tenang, jika dalam DTKS belum ada rekening, maka bantuan disalurkan menggunakan PT Pos,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button