Politik

Ahmad Riza Patria Resmi Jadi Wagub DKI

Politikus Gerindra Ahmad Riza Patria resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta. Pelantikan Riza Patria dihelat pada Rabu siang (15/04/2020) di Istana Presiden, Jakarta. 

Riza Patria akan mendampingi Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta hingga akhir masa jabatan pada 2022 mendatang. Sejak Sandiaga Salahuddin Uno mengundurkan diri karena ikut menjadi peserta dalam Pilpres 2019 lalu, posisi wakil gubernur DKI memang telah lama kosong. 

“Mengesahkan pengangkatan Ahmad Riza Patria Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 dan yang bersangkutan diberi gaji pokok dan tunjangan jabatan wakil kepala daerah,” ucap Presiden Jokowi saat melantik Riza. 

Pelantikan Riza Patria dilakukan berdasarkan Keppres (Keputusan Presiden) Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada sisa masa Jabatan 2017-2022. 

Saat pelantikan, Riza mengenakan pakaian dinas wakil gubernur warna putih dengan masker kain berwarna putih, lalu dibimbing oleh Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan. 

Sesudah mengucapkan sumpah jabatan, Riza Patria menandatangani berita acara pelantikan yang diawali oleh Presiden Joko Widodo lalu disusul dirinya. 

Proses pelantikan Wakil Gubernur kali ini tampak berbeda dari pelantikan pejabat yang lain karena adanya pandemi Covid-19, dimana pelantikan harus sesuai dengan protokol kesehatan.   Pelantikan wakil gubernur itu pun dihadiri oleh sekitar 20 orang yang merupakan undangan terbatas termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selengkapnya
Back to top button